Analisis Kurangnya Minat Membaca Pemahaman Peserta Didik Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri 1 Telangkah Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Yuline Ambun Sari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Hendri Hendri Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Agung Riadin Universitas Muhammadiyah Palangkaraya https://orcid.org/0000-0002-7552-4971

DOI:

https://doi.org/10.33084/jppp.v1i2.5989

Keywords:

Minat Membaca, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kurangnya minat membaca pemahaman pada peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Telangkah untuk memotivasi hasil belajar peserta didik tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan tahapan yang terdiri dari Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Penarikan Kesimpulan (Concluding Drawing). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kelebihan peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 1 Telangkah tahun ajaran 2020/2021 yaitu 1) menarik perhatian peserta didik, 2) memotivasi peserta didik dalam mengikuti proses belajar, 3) membantu peserta didik mengingat lebih lama tentang materi, 4) membantu peserta didik menjadi lebih aktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yuline Ambun Sari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Hendri Hendri, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Agung Riadin, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Sari, Y. A., Hendri, H., & Riadin, A. (2023). Analisis Kurangnya Minat Membaca Pemahaman Peserta Didik Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri 1 Telangkah Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan, 1(2), 56–58. https://doi.org/10.33084/jppp.v1i2.5989