Analisis Kurangnya Minat Membaca Pemahaman Peserta Didik Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri 1 Telangkah Tahun Ajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.33084/jppp.v1i2.5989Keywords:
Minat Membaca, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kurangnya minat membaca pemahaman pada peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Telangkah untuk memotivasi hasil belajar peserta didik tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan tahapan yang terdiri dari Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Penarikan Kesimpulan (Concluding Drawing). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kelebihan peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 1 Telangkah tahun ajaran 2020/2021 yaitu 1) menarik perhatian peserta didik, 2) memotivasi peserta didik dalam mengikuti proses belajar, 3) membantu peserta didik mengingat lebih lama tentang materi, 4) membantu peserta didik menjadi lebih aktif.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yuline Ambun Sari, Hendri Hendri, Agung Riadin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.