Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pelajaran Matematika
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada pelajaran matematika kelas 5B SDN 8 Langkai Palangkaraya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek atau informan dalam penelitian ini adalah 6 orang peserta didik, Guru kelas 5B, dan Kepala sekolah. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu 8 orang. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa jenis kesulitan yang dialami peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan materi penjumlahan tiga pecahan desimal di SDN 8 Langkai Palangkaraya disebabkan oleh 4 kesulitan yaitu kelemahan dalam berhitung, Kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, pemahaman bahasa matematika yang kurang dan kesulitan dalam presepsi visual.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Budiyono. (2018). Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika, (Paedagogia, II, 2018), hlm. 10. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v11i1.35977
Darimi, I. (2018). Diagnosis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran aktif disekolah. Bitnet : jurnal edukasi, 36-37. http://dx.doi.org/10.22373/je.v2i1.689
Dewi, N. K., Untu, Z., & Dimpudus, A. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 61-70. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i2.217
Diplan dan Setiawan, A. M. (2018). Metodologi penelitian Kualitatif. Jawa tengah : CV.Sarnu untung.
Haudi. (2020). Dasar-dasar pendidikan. Solok: Insan Cendekia Mandiri.
Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Ghalia Indah.
Mulyono Abdurrahman,.(2018). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta), hlm. 253
Rahmawati, R., Zuliani, R., & Rini, C. P. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN Karawaci 11. NUSANTARA, 3(3), 478-488. https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i3.1515
Setiawan.A. M. (2019). Belajar dan pembelajaran. Ponorogo : Uwais , indonesia.
Soedjadi, R. Dkk. (2016). Penelitian Kualitatif (Pengertian dan Dasar Teori, Metode, Desain dan Contoh). (Makalah PPs IKIP Surabaya,2016).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabet.
Y Lada, E., Thomas, O., & Simpun, S. (2019). Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Statistika Kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya: Identification Of Student Mistake In Completing The Problem Of The Story On Statistics Materials Grade VIII Mts Islamiyah Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 29–35. https://doi.org/10.33084/tunas.v5i1.1187
Yamin, M. (2019). Kesulitan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 TELLUSIATTINGE Kab. Bone. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14044