Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Teknik Homework Assignment Untuk Mengurangi Perilaku Berpikir Stereotip di SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/jppp.v1i2.5981

Keywords:

REBT, Homework Assignment, Berpikir Stereotip

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Rational Emotive Behavior Therapy teknik homework assignment untuk mengurangi perilaku berpikir stereotip di SMA Muhammdiyah 1 Palangkaraya. Jumlah sampel penelitian sebanyak 12 siswa X-1 Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Non-Probability Sampling. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan Paired Sample T-Test atau analisis data dengan melibatkan dua pengukuran pada subjek yang sama terhadap suatu perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dengan teknik Homework Assignment efektif menurunkan perilaku berpikir stereotip siswa di Sekolah Menengah Atas Muhammdiyah 1 Palangkaraya. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji Paired Sample T-Test, yang menunjukan bahwa perilaku berpikir stereotip mengalami penurunan rata-rata pre-test 1007 dengan rata-rata 83.92 dan post-test 1238 dengan rata-rata 103.17. Artinya pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dengan teknik Homework Assignment dapat menurunkan perilaku berpikir stereotip peserta didik di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Palangkaraya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yunita Nurhalimah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

M. Fatchurahman, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Muhammad Andi Setiawan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Nurhalimah, Y., Fatchurahman, M., & Andi Setiawan, M. (2023). Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Teknik Homework Assignment Untuk Mengurangi Perilaku Berpikir Stereotip di SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan, 1(2), 59–65. https://doi.org/10.33084/jppp.v1i2.5981