Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Teknik Homework Assignment Untuk Mengurangi Perilaku Berpikir Stereotip di SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya
DOI:
https://doi.org/10.33084/jppp.v1i2.5981Keywords:
REBT, Homework Assignment, Berpikir StereotipAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Rational Emotive Behavior Therapy teknik homework assignment untuk mengurangi perilaku berpikir stereotip di SMA Muhammdiyah 1 Palangkaraya. Jumlah sampel penelitian sebanyak 12 siswa X-1 Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Non-Probability Sampling. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan Paired Sample T-Test atau analisis data dengan melibatkan dua pengukuran pada subjek yang sama terhadap suatu perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dengan teknik Homework Assignment efektif menurunkan perilaku berpikir stereotip siswa di Sekolah Menengah Atas Muhammdiyah 1 Palangkaraya. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji Paired Sample T-Test, yang menunjukan bahwa perilaku berpikir stereotip mengalami penurunan rata-rata pre-test 1007 dengan rata-rata 83.92 dan post-test 1238 dengan rata-rata 103.17. Artinya pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dengan teknik Homework Assignment dapat menurunkan perilaku berpikir stereotip peserta didik di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Palangkaraya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yunita Nurhalimah, M. Fatchurahman, Muhammad Andi Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.