Analisis Cemaran Mikroba pada Kue Basah di Pasar Besar Kota Palangka Raya

Analysis of Microbial Contamination on Wet Cakes at Pasar Besar City of Palangka Raya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsm.v2i2.360

Keywords:

angka kuman, TPC, kue basah, pemeriksaan mikrobiologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya cemaran bakteri pada kue basah, dan untuk mengetahui ada atau tidaknya angka kuman yang melebihi batas maksimum cemaran mikroba pada kue basah yang dijual di Jalan Jawa Pasar Besar Kota Palangka Raya. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.Kegiatan penelitian yang dilakukan adalah pengambilan sampel, pengenceran sampel, pembacaan hasil, dan perhitungan angka kuman. Sampel penelitian ini yaitu semua kue basah yang dijual secara terbuka atau tanpa kemasan oleh 7 pedagang kue basah di Pasar Besar Kota Palangka Raya. Jumlah sampel penelitian sebanyak 25 kue basah. Metode perhitungan yang digunakan adalah Angka Lempeng Total (ALT) yang dilakukan secara duplo. Pada penelitian ini diketahui bahwa terdapat cemaran mikroba pada 19dari 25 sampel kue basah yang dijual di Pasar Besar Kota Palangka Raya, dan terdapat 2 sampel kue basah yang memiliki angka kuman melebihi batas maksimum cemaran mikroba pada kue basah yaitu sampel 13 dengan rata-rata angka kuman sebesar 3,1 x 105 koloni/g, dan sampel 15 dengan rata-rata angka kuman sebesar 9,5 x 105 koloni/g.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Susi Novaryatiin, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Dewi Sari Mulia, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Arianda, D. 2016. Buku Saku Bakteriologi. AM-Publishing.
Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. 2012. Pedoman Penyelenggaraan Bulan Keamanan Pangan Nasional. Jakarta.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Jakarta.
Irianto, K. 2013. Mikrobiologi Medis. Bandung: Alfabeta.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2011. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1096 Tahun 2011 tentang Higiene Sanitasi Jasaboga. Jakarta.
Lay, B.W. 1994. Analisis Mikroba di Laboratorium. Jakarta: Raja Grafindo.
Muchtaridi. 2011. Panduan Penyiapan Pangan Sehat Untuk Semua. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2017-02-01

How to Cite

Novaryatiin, S., & Mulia, D. S. (2017). Analisis Cemaran Mikroba pada Kue Basah di Pasar Besar Kota Palangka Raya: Analysis of Microbial Contamination on Wet Cakes at Pasar Besar City of Palangka Raya. Jurnal Surya Medika (JSM), 2(2), 56–64. https://doi.org/10.33084/jsm.v2i2.360

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>