Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Sukamara

Level of Patient Satisfaction with Pharmaceutical Service at Sukamara Hospital

Authors

  • Rezqi Handayani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Nurul Qamariah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Beliana Putri Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsm.v10i2.7722

Keywords:

Pelayanan Kefarmasian, RSUD Sukamara, Tingkat Kepuasan

Abstract

Kepuasan adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara kinerja dan hasil yang dirasakan dari suatu pelayanan. Indikator yang digunakan untuk mengetahui mutu pelayanan kesehatan adalah dengan melakukan pengukuran kepuasan konsumen jasa pelayanan kesehatan. RSUD Sukamara memberikan pelayanan kefarmasian kepada masyarakat meliputi pelayanan obat dengan resep dokter. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di RSUD Sukamara. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan lima indikator yaitu meliputi kemampuan (reliability), daya tanggap (responsiveness), perhatian (emphaty), bukti fisik (tangible) dan jaminan (assurance). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 orang yang diambil menggunakan metode accidental sampling. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pasien sangat puas terhadap pelayanan kefarmasian di RSUD Sukamara yaitu dengan 5 dimensi yang meliputi dimensi kemampuan (reliability), daya tanggap (responsiveness), perhatian (emphaty), bukti fisik (tangible) dan jaminan (assurance) memiliki rata-rata skor 1.182 dengan persentase (82,19%).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rezqi Handayani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Nurul Qamariah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Beliana Putri, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Anief, M., 2004. Prinsip Umum dan Dasar Farmakologi., Edisi III. 80. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Assauri, Sofjan. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Raja Grapindo.

Bahfen, F. 2006. Aspek Legal Layanan Farmasi Komunitas Konsep “pharmaceutical Care”. Majalah Medisina 1(1): 20.

Bertawi. 2013. Profil Pelayanan Kefarmasian Dan Kepuasan Konsumen Apotek Di Kecamatan Adiwerna Kota Tegal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Volume 2no. 2: 1-11.

Bogadeta, A. 2013. Manajement Pengelolaan Apotek. D-Medika: Yogyakarta. Departemen Kesehatan RI. (2002). Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 1332/MENKES/SK/X/2002 tentang Ketentuan dan Tata Cara Pemberian Izin Apotek Menteri Kesehata Jakarta

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2008. Keputusan Mentri Kesehatan Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Jakarta.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit. Jakarta.

Gerson, R. F. 2004. Mengukur Kepuasan Pelanggan. PPM : Jakarta.

Ghozali, I. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Keempat. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro : Semarang.

Hidayana, V., dan Susilawati, M. 2016. Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Arosuka Solok. Scientia, 6(1):60.

Ingga, F. 2018. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Unit Rumah Jalan Di Intalasi Farmasi Rumah Sakit Sultan Immanudin Pangkalanbun. Karya Tulis Ilmiah. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Palangkaraya.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan No.72 Tahun 2016 Tentang Pelayanan Kefarmasian. Jakarta.

Manurung, Lidya. 2010. Analisis Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi Dengan Minat Pasien Menebus Kembali Resep Obat Di Instalasi Farmasi RSUD Budhi. Tahun 2010. Universitas Indonesia: Jakarta.

Menkes RI. 2009. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 51 tahun 2009 tentang pekerjaan kefarmasian. Dapartemen Kesehatan RI : Jakarta.

Margono, s. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta: jakarta

Novaryatiin, S., Ardhany, S. D., & Aliyah, S. 2018. Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Dr. Murjani Sampit. Borneo Journal of Pharmacy. 1(1):22-26.

Nursalam. 2011. Manajement Keperawatan edisi 3. Jakarta: Salema Medika.

Sani, F. 2016. Metodologi Penelitian Farmasi Komunitas dan Eksperimental, Edisi 1 Cetak 1. Yogyakarta.

Siregar, C. J. P. dan Amalia. 20015. Farmasi Rumah Sakit Teori dan Penerapan. Penerbit Buku Kedokteran EGC: Jakarta.

Stevani, H., Ayu N, P., Syarifuddin S. 2016. Tingat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Doi-Doi Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru. Makasar: Prodi DIII Farmasi.

Supardi. 2014. Kinerja Guru. PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Pohan, Imbalo S. 2007, Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran ECG.

Rangkuti, F. 2017. Costumer Care Excellence PT Gramedia: Jakarta.

Rangkuti, F. 2006. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rizal, M. 2018. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap pelayanan di instalasi Farmasi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul. Karya Tulis Ilmiah. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Situmorang, CH, 2000. Pedoman Pelayanan Rumah Sakit Jakarta: CCED Pharma Foundation.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Tjiptono, F. 2006. Manajemen jasa pelayanan kesehatan. Andi Offset : Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-08-04

How to Cite

Handayani, R., Qamariah, N., & Putri, B. (2024). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Sukamara: Level of Patient Satisfaction with Pharmaceutical Service at Sukamara Hospital. Jurnal Surya Medika (JSM), 10(2), 38–46. https://doi.org/10.33084/jsm.v10i2.7722

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>