Hubungan Pola Makan dan Stress dengan Kejadian Gastritis di UPT Puskesmas Kayon Kota Palangka Raya

The Connection of Eating and Stress with Events Gastritis at UPT Puskesmas Kayon Palangka Raya City

Authors

  • Ardi Pranata STIKES Eka Harap
  • Rizki Muji Lestari STIKES Eka Harap
  • Eva Prilelli Baringbing STIKES Eka Harap

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsm.v10i2.7731

Keywords:

Pola Makan, Stres, Gastritis

Abstract

Pada zaman  yang modern ini pola hidup manusia jauh dari kata sehat karena kebiasaan-kebiasaan yang buruk seperti sering mengkonsumsi junk food, makan tidak tepat waktu, makan tanpa memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar dan makan tanpa memperhatikan nilai gizi dari makanan yang dikonsumsi. UPT Puskesmas Kayon kota Palangka Raya merupakan salah satu puskesmas yang memiliki angka gastritis masih tinggi yaitu sebesar 574 kasus pada tahun 2022. Untuk mengetahui Hubungan Pola Makan Dan Stress Dengan Kejadian Gastritis Di UPT Puskesmas Kayon Kota Palangka Raya. Menggunakan deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada 56 penderita gastritis di Puskesmas Kayon yang memenuhi kriteria insklusi dan ekslusi  dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Analisis data menggunakan uji chi square. Uji chi square  (p value = 1,000 > 0,05 menunjukan tidak ada hubungan yang signifikan antara pola makan dengan kejadian gastritis di UPT Puskesmas Kayon Kota Palangka Raya. Kemudian Uji chi square  (p value = 0,136 > 0,05 menunjukan tidak ada hubungan yang signifikan antara stress dengan kejadian gastritis di UPT Puskesmas Kayon Kota Palangka Raya. Oleh sebab itu pola makan bukan merupakan faktor tunggal yang menyebabkan terjadinya gastritis, tetapi saling berhubungan dengan faktor penyebab kejadian gastritis lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ardi Pranata, STIKES Eka Harap

Rizki Muji Lestari, STIKES Eka Harap

Eva Prilelli Baringbing, STIKES Eka Harap

References

Ardian Ratu R & G. Made Adwan. 2013. Penyakit Hati, Lambung, Usus, dan Ambeien, Penerbit Nuha Medika, Yogyakarta.

Ausrianti, R., & Nurleni, N. 2019. Hubungan Pola Makan Dan Faktor Stress Dengan Kejadian Gastritis Di Polikinik Penyakit Dalam RSUP Dr. M Jamil Padang Tahun 2018. MENARA Ilmu, XIII(4), 105–112.

Gatot DB, Adisasmito W. 2005. Hubungan Karakteristik Perawat, Isi Pekerjaan dan Lingkungan Pekerjaan terhadap Kepuasan Kerja Perawat di Instalasi Rawat Inap RSUD Gunung Jati Cirebon. Jurnal Makara Kesehatan. Jakarta: Universitas Indonesia.

Kurniasih, T. 2018. Sistem organ Manusia.Yogyakarta; CV Budi Utama

Merita, Sapitri I W, S. I. 2016. Hubungan Tingkat Stess dan Pola Konsumsi Dengan Kejadian Gastritis Di Puskesmas Pakuan Baru Jambi. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Baiturrahim Jambi, 5, No.1, M.

Monica, K, Wibowo H.T, & Yudono T.D. 2021. Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Gastritis Pada Remaja di SMA N1 Paguyangan.

Rias, A.Y, Rinacy H, Ratnasari F. 2021. Psikososial Dan Budaya Dalam Keperawatan. Bandung: CV Media Sains Indonesi

Rifqiyatunnasiyah. 2017. Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Gastritis Pada Santri Di Pondok Pesantren Al-Mukmin Sukoharjo. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

Sari, I. 2021. Hubungan Antara Pola Makan Dengan Kejadian Kekambuhan Gastritis Di Wilayah Kerja Puskesmas Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir.

Shalahuddin, I. 2018. Hubungan Pola Makan Dengan Gastritis Pada Remaja Di Sekolah Menengah Kejuruan Ybkp3 Garut.

Shalahuddin, I., & Rosidin, U. 2018. Hubungan Pola Makan Dengan Gastritis Pada Remaja Di Sekolah Menengah Kejuruan Ybkp3 Garut. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu-Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan Dan Farmasi, 18(1), 33–44. https://doi.org/10.36465/jkbth.v18i1.303

Tussakinah, W., Masrul, M., & Burhan, I. R. 2018. Hubungan Pola Makan dan Tingkat Stres terhadap Kekambuhan Gastritis. Jurnal Kesehatan Andalas, 7(2), 217–225.

WHO, World Health Organization. 2020. Persentase angka kejadian gastritis didunia.

Zainurridha, Y. A. 2021. Stres dan Pola Makan terhadap Kejadian Gastritis pada Mahasiswa Keperawatan Stikes Bhakti Al-Qodiri. Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan, 6(1).

Downloads

Published

2024-08-04

How to Cite

Pranata, A., Lestari, R. M., & Baringbing, E. P. (2024). Hubungan Pola Makan dan Stress dengan Kejadian Gastritis di UPT Puskesmas Kayon Kota Palangka Raya: The Connection of Eating and Stress with Events Gastritis at UPT Puskesmas Kayon Palangka Raya City. Jurnal Surya Medika (JSM), 10(2), 98–109. https://doi.org/10.33084/jsm.v10i2.7731

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>