Hubungan Close Family dengan Kepatuhan Berobat pada Penderita Hipertensi di Puskesmas Jekan Raya Kota Palangka Raya

The Correlation of Close Family with Compliance Treatment of Hypertension Patients at Puskesmas Jekan Raya City of Palangka Raya

Authors

  • Melisa Frisilia STIKES Eka Harap
  • Pebrisiana Pebrisana STIKES Eka Harap
  • Risco Rasmara STIKES Eka Harap

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsm.v10i2.7741

Keywords:

Dukungan Keluarga, Hipertensi, Kepatuhan Berobat

Abstract

Dukungan keluarga sering diabaikan dan dianggap tidak penting. Penderita hipertensi yang tidak memperoleh dukungan keluarga seperti perhatian, kasih sayang, dukungan penghargaan yang positif dan dukungan secara finansial akan merasa dirinya tidak berguna dan cenderung untuk tidak mengikuti nasehat atau saran dari tenaga medis. Ketidakpatuhan pasien menjadi masalah serius yang dihadapi oleh tenaga kesehatan, hal ini dikarenakan hipertensi merupakan penyakit yang paling banyak dialami oleh masyarakat tanpa ada gejala yang signifikan dan juga penyakit yang menimbulkan penyakit lain yang berbahaya bila tidak diobati secara teratur. Apabila pasien hipertensi tidak patuh dalam mengonsumsi obat, maka dapat mengakibatkan tekanan darah yang tidak terkontrol dengan baik sehingga beresiko tinggi terjadinya penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke dan gagal ginjal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Berobat Pada Penderita Hipertensi Di Puskesmas Jekan Raya Kota Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampling Accidental Sampling yang diisi oleh total 67 responden. Uji statistik menggunakan Spearman Rank. Hasil analisa statistik dengan uji Spearman’s Rho hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan berobat pada penderita hipertensi diperoleh nilai p value = 0,009 < 0,05. H1 diterima yang artinya terdapat Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Berobat Pada Penderita Hipertensi Di Puskesmas Jekan Raya Kota Palangka Raya. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Berobat Pada Penderita Hipertensi Di Puskesmas Jekan Raya Kota Palangka Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Melisa Frisilia, STIKES Eka Harap

Pebrisiana Pebrisana, STIKES Eka Harap

Risco Rasmara, STIKES Eka Harap

References

Aulyah, N., 2021. Kepatuhan penderita hipertensi dalam menjalani pengobatan diwilayah kerja puskesmas kajang kabupaten bulukumba. Skripsi. Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan. Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar.

Ayuni, D. Q., 2020. Asuhan keperawatan keluarga pada pasien post operasi katarak. Padang : Pustaka Galeri Mandiri.

Dewi, T., 2021. Hubungan Close Family dengan kepatuhan berobat pada penderita hipertensi. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas dr. Soebandi, Jember.

Ernawati, I., Fandinata, S. S., Permatasari S, N., 2017. Kepatuhan konsumsi obat pasien hipertensi : pengukuran dan cara meningkatkan kepatuhan. Gresik : Graniti.

Fitriyana, V., 2021. Hubungan Close Family dan motivasi pasien dengan kepatuhan berobat pada pasien hipertensi di puskesmas baki kabupaten sukoharjo. Publikasi Ilmiah. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Kartikasari, Rejeki, D. S. S., Pratama, S., 2022. Faktor- faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan pengobatan pada pasien hipertensi di berbagai wilayah indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (2), hal. 11665-11676.

Khotimah, N. M., Rahmah, H. F., Fauzi, A. K., & Andayani, S. A., 2020. Terapi masase dan terapi nafas dalam pada hipertensi. Malang : Ahlimedia Press.

Kusuma, P. D., Ekawati, N. W., Yasa, N. N. K., 2019. Peran citra merek memediasi pengaruh ekuitas merek terhadap niat beli. Klaten : Penerbit Lakeisha.

Masnina, R., Khotimah, H., 2020. Hubungan Close Family dengan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi di wilayah kerja puskesmas air putih samarinda. Borneo Student Research, 1 (3), hal. 1693-1704.

Molintao, W. P., Ariska, Ambitan, R. O., 2019. Hubungan Close Family dengan kepatuhan minum obat pasien hipertensi di puskesmas towuntu timur kabupaten minahasa tenggara. Journal Of Community and Emergency, 7 (2), hal. 156-169.

Pamungkas, R. A., Rohimah, S., Zen, D. N., 2020. Hubungan Close Family dengan kepatuhan berobat pada penderita hipertensi di wilayah kerja puskesmas ciamis tahun 2019. Jurnal Keperawatan Galuh, 2 (1), hal. 9-18.

Purnawinadi, I. G., & Lintang, I. J., 2020. Hubungan Close Family dengan kepatuhan minum obat pasien hipertensi. Jurnal Skolastik Keperawatan, 6 (1), hal. 35-41.

Profil Dinkes Provinsi Kalteng, 2021. Dinkes Kesehatan Kota Palangka Raya.

Program PTM UPTD Puskesmas Jekan Raya, 2023. Puskesmas Jekan Raya.

Riskesdas, 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018.

Rohmayani, S. A., 2018. Hubungan Close Family dengan kepatuhan pengobatan pada lansia penderita hipertensi di dusun pundung cambahan nogotirto sleman yogyakarta. Naskah Publikasi. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas ‘Aisyiyah, Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-08-04

How to Cite

Frisilia, M., Pebrisana, P., & Rasmara, R. (2024). Hubungan Close Family dengan Kepatuhan Berobat pada Penderita Hipertensi di Puskesmas Jekan Raya Kota Palangka Raya: The Correlation of Close Family with Compliance Treatment of Hypertension Patients at Puskesmas Jekan Raya City of Palangka Raya. Jurnal Surya Medika (JSM), 10(2), 187–197. https://doi.org/10.33084/jsm.v10i2.7741

Most read articles by the same author(s)