Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Two Stay Two Stray dan Metode Problem Solving Pada MIs Hayatul Islamiyah Palangka Raya Tahun Pelajaran 2018
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.740Keywords:
Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Metode Problem SolvingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) medeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray danmetode Problem Solving, (2) Meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan metode Problem Solving. Bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V MIs Hayatul Islamiyah Palangka Raya berjumlah 12 orang peserta didik yang terdiri dari 5orang laki-laki dan 7 orang perempuan, analisis data menggunakan data kuntitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar peserta didik menjadi sangat baik pada saat pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan metode Problem Solving. Siklus I, skor rata-rata aktivitas belajar peserta didik 3,73 dengan kriteria sangat baik, (2) ada peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray danmetode Problem Solving. Terlihat dari hasil belajar peserta didik pada tes awal memperoleh nilai rata-rata 58 (di bawah nilai KKM ≥ 65) dengan ketuntasan klasikal 33,33% dengan kriteria tidak tercapai. Siklus I memperoleh nilai rata-rata 88,75 dengan ketuntasan klasikal 100% dengan kriteria tercapai.
Downloads
References
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License