Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Think Pair Share di Kelas X-2 Pada SMA Muhammadiyah Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i2.851Keywords:
Hasil belajar Ekonomi, Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas belajar peserta didik saat proses pembelajaran Ekonomi dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), (2) mengetahui peningkatan hasil belajar Ekonomi peserta didik kelas X-2 dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya.
Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X-2 SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya yang berjumlah 22 orang peserta didik. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih baik dan meningkat, (2) Ada peningkatan hasil belajar Ekonomi pada peserta didik dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Pada siklus I hasil Pre-Test ada 2 orang peserta didik yang tuntas 9,99% dan hasil Post-Test 11 orang peserta didik yang tuntas 55% dan pada siklus II hasil Post-Test ada 18 orang peserta didik yang tuntas 90%. Ini berarti dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X-2 SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya.
Downloads
References
Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Sebaga Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mursalin, Kasman. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Muka Bumi dan Kegiatan Ekonomi. Gorontalo. UNG.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License