Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Permainan Ular Tangga Bangun Datar

Main Article Content

Norma Norma
Abdul Rahman Azahari
Roso Sugiyanto

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan kolaborasi siswa kelas IV SDN 2 Panarung yang cenderung pasif dalam diskusi kelompok dan lebih memilih bekerja secara individual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika materi bangun datar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian adalah 15 siswa kelas IV SDN 2 Panarung pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan kolaborasi siswa dari pra-siklus ke siklus I dan II. Pada pra-siklus, rata-rata keterampilan kolaborasi siswa sebesar 40,42% (kurang). Setelah dilakukan tindakan, rata-rata meningkat menjadi 60% (cukup) pada siklus I dan mencapai kategori sangat baik pada siklus II, yaitu 82,92% (sangat baik). Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan permainan ular tangga efektif dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Norma, N., Azahari, A. R., & Sugiyanto, R. (2025). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Permainan Ular Tangga Bangun Datar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 20(2), 99–107. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v20i2.9881
Section
Articles
Author Biographies

Norma Norma, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya

Abdul Rahman Azahari, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya

Roso Sugiyanto, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya

References

Alawiyah, E. K., Yudaningtias, I. K., & Widiarti, N. (2024). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Melalui Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Penelitian Tindakan Kelas, 99–111.

Ambarwati, M. C., & Widodo, R. (2023). Peningkatan kolaborasi peserta didik melalui model pembelajaran problem-based learning. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.22219/jppg.v4i1.25484

Anggraeni, P. S., Dewi, C., & Djuwarijah, H. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Bancong Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1724–1736. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8096

Devi, N. L. P. I. S., Ardana, I. M., & Kertih, I. W. (2025). Pengembangan Game Edukasi Ular Tangga Berbasis Android untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Kolaborasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 456–466.

Dhitasarifa, I., Yuliatun, A. D., & Savitri, E. N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Pada Materi Ekologi Di SMP Negeri 8 Semarang. Seminar Nasional IPA, 684–694. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/2358%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/download/2358/1842

Hartina, A. W., Wahyudi, & Permana, I. (2022). Dampak Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dalam Pembelajaran Tematik. Journal of Education Action Research, 6(3), 341–347. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/49828

Ifada, A. I., Toyib, M., & Marhamah, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dalam Pembelajaran Matematika melalui Problem Based Learning Di Sekolah Menengah Pertama. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 447–460. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.391

Islamiati, S. A., Zulfiati, H. M., & Wijayanti, L. (2023). Project Based Learning Berbasis Ajaran Tamansiswa Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 99–107. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1584

Khofifah, U., Patonah, S., & Kusniati, S. (2025). Pengaruh PBL dengan TaRL Terhadap Keterampilan Kolaborasi Kelas 2B SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 549–556.

Langit, D. S., Slameto, S., & Widyanti Setyaningtyas, E. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Tematik Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Permainan Ular Tangga Pada Siswa Kelas Iv. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 280. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.371

Mardawati, Syamsuddin, A., & Rukli. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Mobile Learning Terhadap Kemampuan Kolaborasi Matematika Siswa Kelas IV SD. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 5(1), 56–64. https://doi.org/10.31605/ijes.v5i1.1834

Maulana, R., Segara, B. Nu., & Wuliono. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Kolaborasi dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Di SMPN 2 Mojosari. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 3897–3906. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/14713

Nizmatullayla, & Fauzi, Z. A. (2023). Meningkatkan Aktivitas Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kolaborasi Menggunakan Model Problem Based Learning Dibantu Dengan Model Dnmp Serta Permainan Ular Tangga Di Kelas IV SDN Kelayan Selatan 8. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 01(02), 315–323.

Nurdin, R. A., Kadir, J., & Wungubelen, A. L. (2024). Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Berbasis Investigation- Based Scientific Collaborative (IBSC) untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 111–121.

Rosydah, L., Fauzi, Z. A., Hasanah, A., Nabila, A., & Qadli, M. F. (2025). Implementasi Model PBL Di Kelas V SDN Teluk Tiram 6 Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi. BADA’A : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 22–30. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i1.1662

Sulistya, C., Munuati, N. A. N., Espiyati, & Listidijartini. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Labila Siswa Kelas IV B SDN Gayamsari 02. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1686–1695.