Pendidikan Khas Kejogjaan Dalam Pembentukan Karakter Siswa

Main Article Content

Amelia Diwanti
Oktana Wahyu Perdana

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya fenomena degradasi moral siswa di Yogyakarta, seperti perilaku tidak sopan, rendahnya rasa hormat terhadap guru, dan meningkatnya kasus kekerasan pelajar (klitih). Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menanggapi fenomena tersebut dengan menerapkan Pendidikan Khas Kejogjaan (PKJ) sebagai strategi penguatan karakter berbasis budaya lokal melalui Peraturan Gubernur DIY Nomor 40 Tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi PKJ di SMK Negeri 2 Yogyakarta dan menganalisis peranannya dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas 1 Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, 1 guru pengampu PKJ, dan 3 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK Negeri 2 Yogyakarta berhasil mengimplementasikan PKJ secara efektif melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan budaya sekolah yang terintegrasi. Karakter siswa meningkat dalam aspek sopan santun, tanggung jawab, kejujuran, dan rasa cinta terhadap budaya lokal. Implementasi PKJ di sekolah ini dinilai berhasil dengan capaian lebih dari 80% indikator karakter yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Diwanti, A., & Perdana, O. W. (2025). Pendidikan Khas Kejogjaan Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 20(2), 142–153. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v20i2.11149
Section
Articles
Author Biographies

Amelia Diwanti, universitas PGRI Yogyakarta

Universitas PGRI Yogyakarta

Oktana Wahyu Perdana, Universitas PGRI Yogyakarta

Universitas PGRI Yogyakarta

References

Anhar, A.S., & Nini, R. (2023). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Berbasis Budaya Lokal “Maja Labo Dahu”. Pelita Paud 9(1). Doi: Https://Doi.Org/10.33222/Pelitapaud.V9i1.3920

Feriyadin, F., Marswandi, E. D. P., Pratama, A. A., & Ulya, B. N. (2024). Manajemen Destinasi Wisata Berbasis Kearifan Lokal Maja Labo Dahu Untuk Keberlanjutan Pariwisata Kota Bima. Journal Of Tourism And Creativity, 8(1), 51. Https://Doi.Org/10.19184/Jtc.V8i1.45308

Fitriyani, L. (2021). Kolaborasi Sekolah, Keluarga, Dan Masyarakat Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(3), 321–332.

Gunawan, H. (2021). Pendidikan Karakter: Konsep Dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter: Konsep Dan Implementasi Di Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Khasanah, F., Margaretha, M., Candra, S. R., & Beny Lukitoaji. (2025). Pembentukan Karakter Siswa Dengan Menerapkan Kebiasaan Unggah-Ungguh Yogyakarta Di Sekolah Dasar. Journal Educational Research and Development | E-ISSN : 3063-9158, 2(1), 503–507. Retrieved from https://jurnal.globalscients.com/index.php/jerd/article/view/538

Ki Hajar Dewantara. (2004). Pendidikan: Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Dan Sikap Merdeka. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Lickona, T. (2013). Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Mengajarkan Rasa Hormat Dan Tanggung Jawab. New York: Bantam Books.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Metode (Edisi Kedua). Tinjauan Penelitian Pendidikan, 7(3), 56–72.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru (Terjemahan). Jakarta: UI Press.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2022). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nambiar, R. M. K., Ibrahim, N., Hashim, R. S., Yasin, R. M., Azman, H., Yusof, N. M., Ramli, R., & Mustaffa, R. (2020). Impact Of Local Culture-Based Reading Materials On Students’ Skill Development And Confidence In English. Universal Journal Of Educational Research, 8(2), 445–453. Https://Doi.Org/10.13189/Ujer.2020.080215

Rahyono, F. (2019). Bahasa Daerah Sebagai Sarana Pelestarian Nilai Budaya. Jurnal Linguistik Dan Pendidikan, 9(1), 12–20.

Rizky Fauzi, A. (2024). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Dalam Ritus Hajat Bumi Dan Merlawu Di Kecamatan Sukadana. Jurnal Intisabi, 1(2), 62–76. Https://Doi.Org/10.61580/Itsb.V1i2.7

Rochman, A. N. (2021). Perilaku Netizen Dalam Beretika Di Sosial Media. Pendidikan, 45. Http://Repository.Untag-Sby.Ac.Id/9036/%0ahttp://Repository.Untag-Sby.Ac.Id/9036/1/1461800033_Arifnurrochman_Eti_D_Tugas Ets Lampiran.Pd

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tilaar, H. A. R. (2002). Pendidikan, Kebudayaan, Dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 2(03). Https://Doi.Org/10.30868/Ei.V2i03.29

Wibowo, A. (2013). Managemen Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yati, Rabi. (2019). Guru Efektif Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. Permasalahan Krisis Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Perpektif Psikologi Pendidikan, 2504, 1–9. Https://Www.Academia.Edu/35692180/Guru_Efektif_Dalam_Perspektif_Psikologi_Pendidikan

Yunita, V., Murahim, M., & Khairusibyan, M. (2022). Representasi Nilai Maja Labo Dahu pada Novel Mbojo Mambure karya Parange Anaranggana. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1727–1731. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.833

Zubaedi. (2022). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.