Pendidikan Khas Kejogjaan Dalam Pembentukan Karakter Siswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya fenomena degradasi moral siswa di Yogyakarta, seperti perilaku tidak sopan, rendahnya rasa hormat terhadap guru, dan meningkatnya kasus kekerasan pelajar (klitih). Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menanggapi fenomena tersebut dengan menerapkan Pendidikan Khas Kejogjaan (PKJ) sebagai strategi penguatan karakter berbasis budaya lokal melalui Peraturan Gubernur DIY Nomor 40 Tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi PKJ di SMK Negeri 2 Yogyakarta dan menganalisis peranannya dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas 1 Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, 1 guru pengampu PKJ, dan 3 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK Negeri 2 Yogyakarta berhasil mengimplementasikan PKJ secara efektif melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan budaya sekolah yang terintegrasi. Karakter siswa meningkat dalam aspek sopan santun, tanggung jawab, kejujuran, dan rasa cinta terhadap budaya lokal. Implementasi PKJ di sekolah ini dinilai berhasil dengan capaian lebih dari 80% indikator karakter yang diharapkan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Anhar, A.S., & Nini, R. (2023). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Berbasis Budaya Lokal “Maja Labo Dahu”. Pelita Paud 9(1). Doi: Https://Doi.Org/10.33222/Pelitapaud.V9i1.3920
Feriyadin, F., Marswandi, E. D. P., Pratama, A. A., & Ulya, B. N. (2024). Manajemen Destinasi Wisata Berbasis Kearifan Lokal Maja Labo Dahu Untuk Keberlanjutan Pariwisata Kota Bima. Journal Of Tourism And Creativity, 8(1), 51. Https://Doi.Org/10.19184/Jtc.V8i1.45308
Fitriyani, L. (2021). Kolaborasi Sekolah, Keluarga, Dan Masyarakat Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(3), 321–332.
Gunawan, H. (2021). Pendidikan Karakter: Konsep Dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta.
Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter: Konsep Dan Implementasi Di Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Khasanah, F., Margaretha, M., Candra, S. R., & Beny Lukitoaji. (2025). Pembentukan Karakter Siswa Dengan Menerapkan Kebiasaan Unggah-Ungguh Yogyakarta Di Sekolah Dasar. Journal Educational Research and Development | E-ISSN : 3063-9158, 2(1), 503–507. Retrieved from https://jurnal.globalscients.com/index.php/jerd/article/view/538
Ki Hajar Dewantara. (2004). Pendidikan: Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Dan Sikap Merdeka. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Lickona, T. (2013). Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Mengajarkan Rasa Hormat Dan Tanggung Jawab. New York: Bantam Books.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Metode (Edisi Kedua). Tinjauan Penelitian Pendidikan, 7(3), 56–72.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru (Terjemahan). Jakarta: UI Press.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2022). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nambiar, R. M. K., Ibrahim, N., Hashim, R. S., Yasin, R. M., Azman, H., Yusof, N. M., Ramli, R., & Mustaffa, R. (2020). Impact Of Local Culture-Based Reading Materials On Students’ Skill Development And Confidence In English. Universal Journal Of Educational Research, 8(2), 445–453. Https://Doi.Org/10.13189/Ujer.2020.080215
Rahyono, F. (2019). Bahasa Daerah Sebagai Sarana Pelestarian Nilai Budaya. Jurnal Linguistik Dan Pendidikan, 9(1), 12–20.
Rizky Fauzi, A. (2024). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Dalam Ritus Hajat Bumi Dan Merlawu Di Kecamatan Sukadana. Jurnal Intisabi, 1(2), 62–76. Https://Doi.Org/10.61580/Itsb.V1i2.7
Rochman, A. N. (2021). Perilaku Netizen Dalam Beretika Di Sosial Media. Pendidikan, 45. Http://Repository.Untag-Sby.Ac.Id/9036/%0ahttp://Repository.Untag-Sby.Ac.Id/9036/1/1461800033_Arifnurrochman_Eti_D_Tugas Ets Lampiran.Pd
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tilaar, H. A. R. (2002). Pendidikan, Kebudayaan, Dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 2(03). Https://Doi.Org/10.30868/Ei.V2i03.29
Wibowo, A. (2013). Managemen Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Yati, Rabi. (2019). Guru Efektif Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. Permasalahan Krisis Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Perpektif Psikologi Pendidikan, 2504, 1–9. Https://Www.Academia.Edu/35692180/Guru_Efektif_Dalam_Perspektif_Psikologi_Pendidikan
Yunita, V., Murahim, M., & Khairusibyan, M. (2022). Representasi Nilai Maja Labo Dahu pada Novel Mbojo Mambure karya Parange Anaranggana. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1727–1731. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.833
Zubaedi. (2022). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.