Rancang Bangun Game Edukasi 3 Dimensi Perawatan Orang Utan Berbasis Game Maker: Studio

Design And Build A 3d Education Game For Orangutan Care Based On Game Maker : Studio

Authors

  • Johan Wahyudi STMIK Indonesia Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i1.1788

Keywords:

Game, GMS, Orangutan, Education

Abstract

Pemanfaatan komputer di zaman modern ini semakin canggih, selain digunakan sebagai alat pengolah informasi belakangan komputer juga digunakan sebagai media hiburan yaitu game. Dengan kemampuan dan kecanggihan komputer sekarang ini bermacam-macam komputer telah menyediakan tampilan grafis yang canggih. Objek penelitian ini adalah membuat game Save Orang Utan dengan menggunakan Game Maker: Studio Engine. Pembuatan game ini dimulai dari pengumpulan data tentang cara-cara pembuatan game dengan Game Maker: Studio, cara mendesain karakter 3 dimensi dalam game dengan menggunakan Blender 3D data tentang game-game yang dapat dibuat dengan Game Maker: Studio. Game dijalankan hanya dengan satu pemain, dalam artian hanya satu user saja. Penelitian ini telah menghasilkan game Save Orang Utan. Game ini dibuat sebagai sarana edukasi yang menghiburdan untuk lebih dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agliyono, Muhammad Nazar. 2013. Pengertian Game – Perbedaan Game 2D dan 3D, Jakarta.

Cahyar, Reza Nova. 2015. Pembuatan Game Edukasi Pemberantasan Koruptor Berbasis 3D Menggunakan Unity 3D. Penerbit Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Fatchurahman, M, M Andi Setiawan dan Karyanti. 2021. The development of group healing storytelling model in multicultural counselling services in Indonesian schools: Examination of disciplinary cases. Jurnal Образование и наука. 23:3(157-180).
Novianto, Fiftin, Yana Hendriana dan Bayu Nadya Kusuma. 2015. Educational Game “Saringman” to Familiarize Hygiene to Children Since Early Stage. Penerbit International Journal of Computer Applications Technology and Research
Putra, Chandra Anugrah, M Andi Setiawan, M Jailani, Ade S Permadi. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Jurnal Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Robean, Handy. 2013. Pengertian game Engine, Bogor.
Tantowi, Priyanto. 2014. Pengertian Game, Depok.
Triwibowo, Bahtiar Ageng. 2016. Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Unity 3D Berdisiplin Di Jalan Raya Pada Anak Usian 8-11 Tahun. Penerbit Universitas Negri Yogyakarta, Yogyakarta
WWF Indonesia. 2013.Kenali dan Jadi “Sahabat Orang Utan”. Diakses dari https://www.wwf.or.id/cara_anda_membantu/bertindak_sekarang_juga/sahabat_orangutan/. (15 Agustus 2020)
Yoyo Games Ltd.. 2013. http://www.yoyogames.com/gamemaker/studio (15 Agustus 2020)
Yusuf, Maulana. 2012. Rancang Bangun Aplikasi Game Petualangan Menggunakan 3D Game Studio. Penerbit STMIK Indonesia Banjarmasin, Banjarmasin.

Downloads

Published

2021-03-02

How to Cite

Wahyudi, J. (2021). Rancang Bangun Game Edukasi 3 Dimensi Perawatan Orang Utan Berbasis Game Maker: Studio: Design And Build A 3d Education Game For Orangutan Care Based On Game Maker : Studio. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 24–32. https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i1.1788