Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini ditinjau dari Perspektif Psikolinguistik

English Learning In Early Childhood From Psycholinguitic Perspective

Authors

  • Yeni Sriyeni IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Septi Gumiandari IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1863

Keywords:

Pembelajaran bahasa, Psikolinguistik

Abstract

Penelitian  ini  menjelaskan  tentang  proses  pemahaman bahasa  Inggris  yang  dibatasi  atas anak usia dinidilihat dari segi psikolinguistik. Tujuan dari penganalisaan ini untuk menjelaskan dan menggambarkan, bagaimana sistem pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia 3-7tahun. Kualitatif  deskripif  adalah  metode  yang  dipakai  untuk  penelitian  ini,  data  diambil  dari  hasil wawancara  langsung  terhadap  sampel,  dan  mengamati  timbal  balik  sampel  setelah  diberikan beberapa  kosa  kata.  Hasil  yang  didapat  dari  penelitian  ini  yaitu:  pembelajaran bahasa  Inggris pada anak usia dini jika ditinjau dari segi psikolinguistik, usia anak dapat mempengaruhi proses cepat  lambatnya  penyerapan  bahasa,  karena  saat  anak  masih  berusia  dini  otak  mereka  hal  yang diingat  masih  sedikit. Anak  dapat mengingat  kosa  kata  baru  lebih  mudah namun  metode  yang digunakan  dalam  proses  pengenalan  bahasa  Inggris  harus  sesuai,  sehingga  tercapai  tujuan  yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yeni Sriyeni, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Septi Gumiandari, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

References

Adi, A. (2018). Peranan Pola Pengasuhan terhadap Pemerolehan Bahasa pada Anak: Sebuah Kajian Psikolinguistik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia & Daerah, 75-83.
Ariyana. (2019). Pengenalan Ragam Bahasa melalui Gambar pada Anak Usia Dini (Tinjauan Psikolinguistik). Jurnal Pendidikan PSBSI, 85-91.
Arsanti, M. (2014). Pemerolehan Bahasa Pada Anak (Kajian Psikolinguistik). Jurnal PBSI, 24-47.
Busro, M. (2016). Kajian Dalam Psikolinguistik; Perangkat Penelitian, Strategi, dan Metode Penelitian. Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman, 209-218.
Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik. Lentera, 63-75.
Handayani, S. (2016). Urgensi Pengenalan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini dipandang dari Perspektif Psikolinguistik. Widya Wacana, 173-184.
Ikawati, E. (2014). Aplikasi Psikolinguistik Membaca dan Pengajaran Bahasa. Forum Pedagogik, 58-69.
Kusuma, A. B. (2016). Pemerolehan Bahasa Pertama Sebagai Dasar Pembelajaran Bahasa Kedua. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 118-134.
Librianty, H. D. & Syarif, M. (2014). Peningkatan Partisipasi Belajar melalui Metode Bercakap-cakap pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1-8.
Lubna, S. (2015). Optimalisasi Perkembaangan Bahasa Anak melalui Televisi: Suatu Kajian Literatur Psikolinguistik. Medan Makna, 69-76.
Muradi, A. (2018). Pemerolehan Bahasa dalam Perspektif Psikolinguistik dan Al-Qur'an. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 145-162.
Nuraeni, L. (2015). Pemerolehan Morfologi (verba) pada Anak Usia 3, 4, dan 5 tahun (suatu kajian neuropsikolinguistik). Tunas Siliwangi, 13-30.
Nurjaman, I. (2019). Persepsi Orang Tua terhadap Pemerolehan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 82-90.
Purnomo, H. (2019). Intervensi Psikologis pada Pemerolehan Bahasa Anak. Equalita, 87-104.
Purwaningsih, N. K. (2015). Pengaruh Media Elektronik Televisi terhadap Akuisisi Basa Anak. Jurnal Dunia Kesehatan, 42-47.
Safithry, Esty Aryani. 2017. Psikologi Sosial. Akademia Pustaka.
Setiawan, M Andi. 2018. Pendekatan-Pendekatan Konseling (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Deepublish.
Setyawan, Dedy dan Agung Riadin. Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas V SDN-1 Langkai Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 15(1):1-9.
Syaprizal, M. P. (2019). Proses Pemerolehan Bahasa pada Anak. Jurnal Al-Hikmah, 75-86.
Triadi, R. b. (2017). Studi Kasus Akuisisi Bahasa pada Anak Usia 4 Tahun (kajian Psikolinguistik). Jurnal Sasindo Unpam, 1-16.
Trisnawati, W. (2018). Permasalahan Pemerolehan Bahasa pada Mahasisa Prodi PBi STKIP-MB ditinjau dari Aspek Neurolinguistik. Jurnal Muara Pendidikan, 183-190.
Uzer, Y. (2019). Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Anak melalui Metode Gerak dan Lagu untuk Anak PAUD. Pernik Jurnal PAUD.
Wahyudi. (2017). Urgensi Mempelajari Psikolinguistik terhadap Pembelajaran Bahasa. Jurnal Islamika, 113-140.

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Sriyeni, Y., & Gumiandari, S. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini ditinjau dari Perspektif Psikolinguistik: English Learning In Early Childhood From Psycholinguitic Perspective. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 40–44. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1863