Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini ditinjau dari Perspektif Psikolinguistik
English Learning In Early Childhood From Psycholinguitic Perspective
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1863Keywords:
Pembelajaran bahasa, PsikolinguistikAbstract
Penelitian ini menjelaskan tentang proses pemahaman bahasa Inggris yang dibatasi atas anak usia dinidilihat dari segi psikolinguistik. Tujuan dari penganalisaan ini untuk menjelaskan dan menggambarkan, bagaimana sistem pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia 3-7tahun. Kualitatif deskripif adalah metode yang dipakai untuk penelitian ini, data diambil dari hasil wawancara langsung terhadap sampel, dan mengamati timbal balik sampel setelah diberikan beberapa kosa kata. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu: pembelajaran bahasa Inggris pada anak usia dini jika ditinjau dari segi psikolinguistik, usia anak dapat mempengaruhi proses cepat lambatnya penyerapan bahasa, karena saat anak masih berusia dini otak mereka hal yang diingat masih sedikit. Anak dapat mengingat kosa kata baru lebih mudah namun metode yang digunakan dalam proses pengenalan bahasa Inggris harus sesuai, sehingga tercapai tujuan yang diharapkan.
Downloads
References
Ariyana. (2019). Pengenalan Ragam Bahasa melalui Gambar pada Anak Usia Dini (Tinjauan Psikolinguistik). Jurnal Pendidikan PSBSI, 85-91.
Arsanti, M. (2014). Pemerolehan Bahasa Pada Anak (Kajian Psikolinguistik). Jurnal PBSI, 24-47.
Busro, M. (2016). Kajian Dalam Psikolinguistik; Perangkat Penelitian, Strategi, dan Metode Penelitian. Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman, 209-218.
Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik. Lentera, 63-75.
Handayani, S. (2016). Urgensi Pengenalan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini dipandang dari Perspektif Psikolinguistik. Widya Wacana, 173-184.
Ikawati, E. (2014). Aplikasi Psikolinguistik Membaca dan Pengajaran Bahasa. Forum Pedagogik, 58-69.
Kusuma, A. B. (2016). Pemerolehan Bahasa Pertama Sebagai Dasar Pembelajaran Bahasa Kedua. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 118-134.
Librianty, H. D. & Syarif, M. (2014). Peningkatan Partisipasi Belajar melalui Metode Bercakap-cakap pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1-8.
Lubna, S. (2015). Optimalisasi Perkembaangan Bahasa Anak melalui Televisi: Suatu Kajian Literatur Psikolinguistik. Medan Makna, 69-76.
Muradi, A. (2018). Pemerolehan Bahasa dalam Perspektif Psikolinguistik dan Al-Qur'an. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 145-162.
Nuraeni, L. (2015). Pemerolehan Morfologi (verba) pada Anak Usia 3, 4, dan 5 tahun (suatu kajian neuropsikolinguistik). Tunas Siliwangi, 13-30.
Nurjaman, I. (2019). Persepsi Orang Tua terhadap Pemerolehan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 82-90.
Purnomo, H. (2019). Intervensi Psikologis pada Pemerolehan Bahasa Anak. Equalita, 87-104.
Purwaningsih, N. K. (2015). Pengaruh Media Elektronik Televisi terhadap Akuisisi Basa Anak. Jurnal Dunia Kesehatan, 42-47.
Safithry, Esty Aryani. 2017. Psikologi Sosial. Akademia Pustaka.
Setiawan, M Andi. 2018. Pendekatan-Pendekatan Konseling (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Deepublish.
Setyawan, Dedy dan Agung Riadin. Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas V SDN-1 Langkai Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 15(1):1-9.
Syaprizal, M. P. (2019). Proses Pemerolehan Bahasa pada Anak. Jurnal Al-Hikmah, 75-86.
Triadi, R. b. (2017). Studi Kasus Akuisisi Bahasa pada Anak Usia 4 Tahun (kajian Psikolinguistik). Jurnal Sasindo Unpam, 1-16.
Trisnawati, W. (2018). Permasalahan Pemerolehan Bahasa pada Mahasisa Prodi PBi STKIP-MB ditinjau dari Aspek Neurolinguistik. Jurnal Muara Pendidikan, 183-190.
Uzer, Y. (2019). Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Anak melalui Metode Gerak dan Lagu untuk Anak PAUD. Pernik Jurnal PAUD.
Wahyudi. (2017). Urgensi Mempelajari Psikolinguistik terhadap Pembelajaran Bahasa. Jurnal Islamika, 113-140.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License