Melalui Penerapan Metode Informasi Search Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Narasumber Pada Siswa Kelas V B SD NEGERI 1 Batu Badinding

Through The Application Of Search Information Methods To Improve Bahasa Indonesia Learning Achievement Interviewees Materials In Grade VB Students Of SD Negeri 1 Batu Badinding

Authors

  • Yelita Yelita SD Negeri 1 Batu Badinding

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i2.1751

Keywords:

Metode Informasi Search, Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Abstract

Model pengajaran Informasi Search dapat meningkatkan kualitas pembelajaran    Bahasa Indonesia. Pembelajaran dengan Informasi Search memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu pra siklus (68,97%,), siklus I (79,31%), siklus II (93,10%).

Model pengajaran Informasi Search    dapat menjadikan siswa merasa dirinya mendapat perhatian dan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, gagasan, ide dan pertanyaan. Siswa dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok, serta mampu mempertanggungjawabkan segala tugas individu maupun kelompok. Penerapan pembelajaran dengan Informasi Search   mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan kreatifitas belajar siswa.  terbukti kebenarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yelita Yelita, SD Negeri 1 Batu Badinding

References

Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asy-Syalbub, Fu’ad bin Abdul Aziz. 2008. Begini Seharusnya Menjadi Guru; Panduan Lengkap Metodologi Pembelajaran Cara Rasulullah. Jakarta: Darul Haq.
Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno, M.Pd. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam. Bandung: PT Refika Aditama.
Hendri & Yanti. 2015. Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik di SDN-1 Langkai Palangkaraya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1):30-35.
Moleong, Lexy. J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung; PT. Remaja Rosda Karya.
Muslich, Mansur. 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah. PT Bumi Aksara; Jakarta
Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ngainun Purwanto dan Achmad Sauqi. 2008. Pendidikan Multikultural Konsep Dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Permadi, Ade Salahudin & Muchlis Saini. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):20-26.
Riadin, Agung & Kurnia Sari. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Berbantuan Media Menjemur Kaos Berbasis Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II-A di SDN-5 Panarung Palangkaraya Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 13(1):16-23.
Roestiyah N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Setyawan, Dedy & Diplan. 2019. Penerapan Metode Pembelajaran Elf Mcbride Menggunakan Teknik Hitung Cepat Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1):52-61.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Uno, Hamzah B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi aksara.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Yelita, Y. (2020). Melalui Penerapan Metode Informasi Search Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Narasumber Pada Siswa Kelas V B SD NEGERI 1 Batu Badinding: Through The Application Of Search Information Methods To Improve Bahasa Indonesia Learning Achievement Interviewees Materials In Grade VB Students Of SD Negeri 1 Batu Badinding. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 59–67. https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i2.1751