STARATEGI MANAJEMEN MUTU SEKOLAH MELALUI FUNGSI PENGORGANISASIAN DI SMP ISLAM TERPADU AL GHAZALI MODERN SCHOOL PALANGKA RAYA
SCHOOL QUALITY MANAGEMENT STRATEGIES THROUGH ORGANIZING FUNCTIONS AT INTEGRATED ISLAMIC SMP AL GHAZALI MODERN SCHOOL PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.33084/jhm.v10i1.5395Keywords:
Manajemen Mutu, Fungsi PengorganisasianAbstract
Manajemen mutu merupakan bagian penting pada sebuah produk baik barang maupun
jasa, pengorganisasian mutu pendidikan dalam rangka mewujudkan salah satu fungsi manajemen
pendidikan itu sendiri. Setiap fungsi secara tidak terpisah memiliki peranan dalam menjaga
jaminan kualitas. Metode penelitian deskriptif kualitatif menjadi pilihan untuk menjabarkan
strategi manajemen mutu Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Ghazali Modern School
Palangka Raya, yang didahului tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi ditemukan hasil:
manajemen mutu pada fungsi pengorganisasian dalam rangka memberi layanan terhadap siswa,
tenaga pendidik dan kependidikan serta sarana di SMP Islam Terpadu Al Ghazali Modern School
Palangka Raya terpenuhi pada aspek; 1) tujuan pengorganisasian sebagai service motive,dan
profit motive, 2) jenis layanan yang terkoordinir dalam satu komando, 3) pengelompokkan
berdasarkan hubungan antar kegiatan, 4) anggota yang aktif terlibat dalam pengorganisasian, 5)
memiliki rincian tugas berupa Job Diskriptions dan Standar Operasional Prosedural di tingkat
divisi, 6) wewenang yang terdelegasi secara baik, 7) rentang kendali secara kolektif.
Downloads
References
Arikunto, Suharmini, 2006, Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan dan Praktek. (Edisi Revisi). PT. Rineka Cipta: Jakarta.
Atmoko, Tjipto, 2011, Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Bandung : Unpad
Edward Sallis, 2015, Total Quality Management in Education, Yogyakarta: Ircisod
George R, Terry, 2006, Asas-asas Manajemen, Bandung: PT. Alumni.
Hasibuan, Malayu S.P, 1997, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cet.IX; Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hasibuan, Malayu S.P, 1997, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cet.IX; Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mulyasa, E., 2004, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Mulyono, 2008, Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan, Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Ramdhani, M.T., LASTARIA, L. and ARIYADI, A., 2020, September. PEMBELAJARAN EKONOMI DALAM ISLAM PADA MATERI SYIRKAH DI PONDOK PESANTREN. In Proceeding Antasari International Conference (Vol. 1, No. 1).
Ramdhani, M.T., Lastaria, L. and Ariyadi, A., 2019. Pembelajaran Ekonomi dalam Islam pada Materi Mudharabah di Pondok Pesantren: Economic Learning in Islam on Mudharabah Material in Islamic Boarding Schools. Anterior Jurnal, 19(1), pp.32-40.
Sallis, Edward dkk, 2006, Total Quality Management in Edecation: Manajemen Mutu Pendidikan. Irchisod: Yogyakarta.
------- 2015, Total Quality Management in Education, Yogyakarta: Ircisod.
Syarif, Ahmad. "Budaya Partisipatif Stakeholder Dalam Mewujudkan Sekolah Yang Bermutu di SMP IT Al Ghazali Modern School Palangka Raya: Participatory Stakeholder Culture In Realizing Quality Schools In The Smp It Al Ghazali Modern School Palangka Raya." Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8.1 (2022): 31-35.
Terry, Georger R dan Rue, Laslie W, 2005, Dasar-Dasar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana., 2003, Total Quality Manajemen, Edisi revisi, Yogyakarta: Andi.
Wahdini, M., Ariyadi, A., & Abdillah, M. T. (2021). Pandemi Covid-19 dan Ekspresi Beragama: Studi Pelaksanaan Majelis Taklim di Kota Banjarmasin. The Sociology of Islam, 1(2), 102-120.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Syarif, Mazrur, Desi Erawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.