Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Budaya Huma Betang Menuju Transformasi Karakter Peserta Didik (Studi Kasus: Sekolah Dasar di Palangka Raya)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pengelolaan Pendidikan mengalami perubahan mendasar. Pemerintah selaku pengelola dan mengontrol sekolah ingin secara eksternal seragam tetapi justru fokus beralih pada pemberian otonomi berbasis nilai-nilai kearifan lokal yang lebih luas kepada sekolah. Kearifan lokal berupa nilai-nilai Huma Betang mendukung pengelolaan manajemen berbasis sekolah di sekolah dasar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui implementasi pengelolaan manajemen berbasis sekolah berbasis Huma Betang di sekolah dasar dalam menghasilkan pendidikan berkualitas, adaptif, dan resposif, serta kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendeaktan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sampel dari SDN 12 langkai, SDN 4 Menteng, SDN 6 Panarung, SDN 7 Menteng, dan SDN 1 Menteng dengan sample random sampling. Hasil penelitian yaitu Implementasi 8 indikator manajemen berbasis sekolah yang berbasis budaya Huma Betang terlihat mampu mentrasformasi karakter peserta didik melalui nilai-nilai kebersamaan, transfer ilmu, dan kesetaraan dalam menuju pendidikan berkualitas, adaptif, dan kontekstual.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Ambarsari, F., Husna, D. N., & Septiyani, F. (2021). Implementasi MBS untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 1 Sigong. Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0. Prosiding dan Web Seminar (Webinar), 259-265. Cirebon, 28 Juni 2021. Universitas Muhammadiyah Cirebon
Agoustin, P. E. & Roesminingsih, E. (2021). Pengambilan Keputusan Partisipatif Kepala Sekolah dalam Mutu Sekolah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(4), 887-897. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/41043
Angel, B., Novika, & Mulyani, H. T. S. (2024). Analisis Prinsip Akuntabilitas, Transparansi, dan Efektivitas dalam Pengelolaan Keuangan Sekolah Dasar Swasta Santa Theresia I PangkalPinag. Jurnal Imiah Niaga Bisnis Elektronik, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.61533/jinbe.v4i1.355
Beli. (2024). Pembiasaan Karakter di Kelas VI. Jurnal Pena Ilmiah, 6(2), 87-100. https://doi.org/10.17509/jpi.v6i2.69267
Elpalina, S., Rusdinal, Gistituati, Agustina, & Azis, ACK. (2024). Kepuasan Peserta Didik terhadap Perubahan Kebijakan Kurikulum. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 4219-4226. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7196
Kadarisman & Idris, S. (2019). Orientasi Mutu Pendidikan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(2), 471-486. https://doi.org/10.22373/jm.v9i2.5314
Hariyanti, D. P. D., Fakhruddin, F., Kardoyo, K., & Arbarini, M. (2023). Menuju Era Globalisasi Pendidikan:Tantangan dan Harapan Terhadap Mutu Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 222-225. Semarang, 2023. Universitas Negeri Semarang
Hamengkubuwono & Susanti, E. (2021). Hambatan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMAN 8 Rejang Lebong. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 139-157. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i2.651
Ilhami, M. W., Nurfajriani, W. V., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Application of the Case Study Method in Qualitative Research. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 462-469. https://doi.org/10.5281/zenodo.11180129
Ismiarti, D. R., Roesminingsih, MV., & Widodo, B. S. (2023). Supervisi Akademik Untuk Peningkatan Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Peserta didik. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 846-854. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4760
Pangkey, R. D. H. & Wongkar, M. V. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pendidikan Karakter: Strategi Meningkatkan Kualitas Peserta didik di Era Modern. Journal on Education, 6(4), 22008-22017. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6322
Primayana, K. H. & Sastrawan, K. B. (2021). Urgensi Manajemen Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana dalam Meningkatkan Komitmen Organisasional Guru. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 63-72. http://dx.doi.org/10.55115/edukasi.v2i2.1797
Raharjo, S. B., Yufridawati, Rahmawati, A., & Purnama, J. (2020). Penerimaan Peserta Didik Baru Berdasarkan Zonasi Pendidikan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan
Rahman, M. A. F., Konitatillah, M. P., Anargya, M. A., Umami, N. A., Sekarsari, N. A., & Maisyaroh. (2025). Peran Lembaga Eksternal sebagai Mitra Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Departemen Administrasi Pendidikan “Transformasi Manajemen Pendidikan: Membangun Reputasi Kelembagaan dalam Mendukung Kebijakan Pendidikan Nasional di Era Digital, 1-9. Malang, Universitas Negeri Malang.
Ricardo, D. (2021). Penerapan Esensi Dasar Filosofi Huma Betang Pada Desain Interior Perpustakaan Universitas Palangka Raya. SINEKTIKA: Jurnal Arsitektur, 18(1), 20-29. http://dx.doi.org/10.23917/sinektika.v18i1.13307
: Ruwaidah, A. I. S., Adriawan, A. N. A., Melisa, D. C., Fitriani, F., Hasanah, S. A., & Prihantini. (2025). Manajemen Lingkungan Sekolah untuk Mewujudkan Proses Pembelajaran yang Kondusif. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6 (1), 748-757. http://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2544
Sakhban, Fendra, Y., Rahmi, A., Pratiwi, Y., Zakir, Z. L., & Dayati, R. (2024). Administrasi Perlengkapan Barang atau Inventaris Barang MI. JMPAI: Jurnal Manajemen Pendidikan Agama Islam, 2(2), 75-82. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i2.113
Suyana, N., Dalmeri, D., Sugiharto, S., & Jupriadi, J. (2024). Kebijakan Pendidikan Nasional Menghadapi Tantangan Global Sebuah Analisis Strategis dan Prioritas. Journal of Education Research, 5(1), 620–634. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.888
Sofiani, N., Frinaldi, A., Magriasti, L., & Wahyuni, Y. S. (2024). Kebijakan Desentralisasi Pendidikan serta Implementasi dalam Pendidikan di Indonesia. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 18(1), 118-127. https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5273
Septiana, N. N., Khoiriyah, Z., & Shaleh. (2024). Metode Penelitian Studi Kasus dalam Pendekatan Kualitatif. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 233 - 243. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04.5181
Sinaga, D. (2025). Buku Ajar Metode Penelitian (Penelitian Studi Kasus). Jakarta: UKI Press
Wjaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika: 263-278. Malang, 29 Mei 2016. Universitas Kanjuruhan Malang.