Meningkatkan Prestasi Sekolah Melalui Sistem Manajerial Menuju 8 SNP Di SDN 8 Buntok

Improving School Achievement Through the Managerial System Towards 8 SNP at SDN 8 Buntok

Authors

  • Adner Sirait SDN 8 BUNTOK

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i1.2561

Keywords:

Prestasi Sekolah, Manajerial, 8 SNP

Abstract

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah pasal 1 ayat 1 yang berbunyi Kepala Sekolah adalah guru yang diberi tugas untuk memimpin dan mengelola satuan pendidikan.

          SDN 8 Buntok  dihadapkan pada persoalan yang kompleks, mengingat kondisi sekolah dan karakteristik yang beragam antara lain: pada tahun 2015 jumlah guru yang berumur 55 tahun ke atas ada 9 orang dan tidak mempunyai pengetahuan tentang IPTEK, keadaan siswa berasal dari ekonomi menengah ke bawah, pendidikan orang tua masih kurang, keterbatasan sarana dan prasarana sekolah dan tidak memahami 8 SNP.  

          Sebagai seorang manajer, kepala sekolah harus mempunyai empat kompetensi dan ketrampilan utama dalam menajerial sekolah, yaitu keterampilan membuat perencanaan, keterampilan mengorganisasi sumber daya, keterampilan melaksanakan kegiatan, dan keterampilan melakukan pengendalian dan evaluasi. Langkah – langkah ini dilakukan dalam peningkatan prestasi sekolah melalui sistem manajerial. 

          Dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan, maka diperoleh hasil yang menggembirakan, yaitu terdapat kemajuan prestasi sekolah secara signifikan. Demikian juga prestasi siswa dapat meraih kejuaraan baik di bidang akademik dan non akademik yang membawa nama harum bagi SDN 8 Buntok sampai ke tingkat nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Adner Sirait, SDN 8 BUNTOK

References

Anwar, Idochi, M. (2003). Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya
Anugrah, Chandra Putra. 2019. The Influence of Visual 3D Media and Graphics Media for Design Machine Models. Altantis Press. (32-37).
Bany Quraisy.H.Mukkthar, Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada (GP Perss).
Bumi Aksara, Jakarta
Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka.
Fattah, N. (2004). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan
Mulyasa.E. 2006, Manajemen Berbasis Sekolah. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Mulyasa.E. 2009, Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Permadi, Ade Salahudin dan Rahamani. 2020. Analisis penerapan media pembelajaran Google Apps For Education. Suluh : Jurnal Bimbingan dan Konseling. 5:2(48-52).
Setiawan, M Andi dan Agung Riadin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia). 6:1(27-31).
Subari, (1988) Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Perbaikan Situasi Mengajar.
Suhardan, Dadang. 2010. Supervisi Profesional (Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Otonomi Daerah). Bandung: Alfabeta CV
Suryadi. 2009. Manajemen Mutu Berbasis Sekolah (Konsep dan Aplikasi). Bandung: PT Sarana Panca Karya Nusa.

Downloads

Published

2021-03-02

How to Cite

Sirait, A. (2021). Meningkatkan Prestasi Sekolah Melalui Sistem Manajerial Menuju 8 SNP Di SDN 8 Buntok: Improving School Achievement Through the Managerial System Towards 8 SNP at SDN 8 Buntok. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i1.2561