Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Stimulasi Minat Baca Referensi Kependidikan Di SDN-1 Mendawai
Improving Teacher Competence Through Stimulation Interest Reading Education Reference In SDN-1 Mendawai
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v4i2.1053Keywords:
Kompetensi Guru, Stimulasi Minat Baca Referensi KependidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kompetensi guru melalui stimulasi minat baca referensi kependidikan di SDN-1 Mendawai. (2) untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya peningkatan kompetensi dan kinerja guru SDN-1 Mendawai dalam mengajar perlu di tingkatkan pula minat baca referensi kependidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sekolah (School Action Research). Hasil observasi ada peningkatan skor rata-rata dari pra siklus ke siklus I, dimana hasil skor rata-rata observasi pra siklus hanya mencapai skor 4,2 sementara pada siklus I mencapai 7,8 yang artinya kompetensi dan kinerja guru bagus. Hasil observasi siklus II mencapai skor 10,5 artinya Kompetensi dan kinerja guru Bagus sekali.
Downloads
References
Anonim,1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Atmodiwirio, Soebagio. 2002. Manjemen Pelatihan. Jakarta: PT Ardadizya Jaya.
Hamzah B Uno (2006). Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Keputusan Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Agama
Peraturan Pemerintah No 14 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, yang disempurnakan dalam: Lampiran Permendiknas No 16/2007 tentang kompetensi guru .
Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tetang Pendidikan dan Pelatihan
Zainal aqib dan Elham Rohmanto. (2007). Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung.CV.YRAMA WIDYA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.