Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mengenal Kosa Kata Dan Ungkapan Perkenalan Diri Melalui Penggunaan Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 8 Mendawai

Improve Student Learning Outcomes In The Material About Words And Express Yourself Introduce Through The Use of Letter Media in Student grade 1 to State 8 Mendawai

Authors

  • Marmini Marmini

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i1.1335

Keywords:

Hasil Belajar, Kosa Kata, Ungkapan Perkenalan Diri, Media Kartu Huruf

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 8 Mendawai. Penelitian ini berlangsung selama satu bulan (4 minggu). Hasil penelitian siklus I adalah proses pembelajaran materi Mengenal Kosa Kata Dan Ungkapan Perkenalan Diri, sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dirancang, pembelajaran materi Mengenal Kosa Kata Dan Ungkapan Perkenalan Diri melalui media kartu huruf sudah dilaksanakan dengan baik dan sistematis, dan sebagian besar siswa sudah tampak aktif, namun masih terdapat beberapa siswa terlihat pasif (kurang menunjukkan partisipasi) dalam kegiatan pembelajaran. Siklus II . siswa tampak sudah mampu melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik, menunjukkan keaktifan dan berusaha untuk menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh guru, hasil observasi hasil belajar siswa meningkat dibandingkan dengan keaktifan sebelum menggunakan media kartu huruf, sebagian besar anggota kelompok sudah tampak aktif, anggota kelompok yang semula (pada siklus I) belum mampu berpartisipasi secara aktif sudah terbiasa dengan media kartu huruf sehingga tampak menunjukkan keaktifannya, proses pembelajaran lebih interaktif antara guru dengan siswa, dan siswa juga sudah tidak tampak canggung untuk bertanya ataupun menggukakan pendapatnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar Muhammad,1998,Terjemah Subulus Salam, Surabaya : Al Ikhlas
Anselm,dkk,1997,Dasar-dasar Penelitian Kualitatif (Prosedur, Tehnik danTeori Grounded). Penyadur Junaidi Ghony, P T Bina Ilmu, hlm. 11
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Armai Arief,2002Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta : Ciputat Pers,
Azhar Arsyat,2003,Media Pembelajaran, Jakarta : PT. Grafindo Persada,Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers : 2002
Bungin, Burhan, 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Bungin, Burhan, 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial, Jakarta: Kencana Prenama Media Group.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Bandung : Balai Pustaka,1990
Diplan. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SDN 5 Panarung Palangka Raya.(Tesis). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2009.
http://carapedia.com/model_pembelajaran_jigsaw_info587.html : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012 http://infoini.com/2012/pengertian-metode-jigsaw.html : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012 Silberman, Mel. 2010. Cara Pelatihan & Pembelajaran Aktif. Jakarta: PT Indeks.
http://gurupkn.wordpress.com/category/pembelajaran/page/3/tanggal 13 juni 2015 Imam Nawawi, Terjemah Riyadhus Shalihin, Jakarta: Pustaka Amani,1999
http://ian43.wordpress.com/2010/12/17/pengertian-media-gambar/, tanggal 13 juni 2015
http://islamicahaya.blogspot.com/2015/06/pengertian-dan-sifat-sifat-mustahil-bagi.html
http://www.nu.or.id/post/read/87676/dalil-dan-penjelasan-tentang-20-sifat-mustahil-bagi-allah
Iqbal Hasan,2004,Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara,
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):35-42.
Karyanti, Muhammad Andi Setiawan. 2018. Model Konseling Kelompok Teknik Expresif Writing Berlandaskan Falsafah Dandang Tingang Untuk Meningkatkan Perilaku Respect. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(2):129-136.
Koentjaraningrat,1991,Metode-metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: PT. Gramedia.
M. Arifin,1996,Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
MuhammadAli,1993,StrategiPenelitian Pendidikan Statistik Bandung, Bumi Aksara, 1993
Muhibbin Syah,2002,Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Mukhtar,2003,Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Mizaka Gazila.
Nana Sudjana, Ibrohim,1989,Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru,
Nana Syaodih Sukmadinata,2005,Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Remaja Rosda Karya,
Pius A. Partanto dan M. Dahlan Al Barry, 1994,Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arloka,
Ramli, Muhamad & Isnawati. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1):6-10.
Riadin, Agung, dkk. 2017. Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) di Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(1):22-27.
Soedarsono, F.X, Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Departemen Pendidikan Nasional, hlm. 2

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

Marmini, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mengenal Kosa Kata Dan Ungkapan Perkenalan Diri Melalui Penggunaan Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 8 Mendawai: Improve Student Learning Outcomes In The Material About Words And Express Yourself Introduce Through The Use of Letter Media in Student grade 1 to State 8 Mendawai. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 49–54. https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i1.1335