Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Bagi UMKM Kabupaten Tegal dan Kota Pekalongan
DOI:
https://doi.org/10.33084/bijaksana.v1i2.6342Keywords:
NIB, Usaha mikro kecilAbstract
Program pengabdian kepada masyarakat (PKM) bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya NIB bagi usaha mikro kecil dan memperoleh sertifikat NIB. UMKM berperan penting dalam proses pembangunan ekonomi nasional di Indonesia. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini dengan cara metode wawancara pada pelsku usaha. Nomor Induk Berusaha (NIB) sendiri, sangat berperan penting usaha para pelaku usaha. Banyak keuntungan yang didapatkan dengan memiliki Nomor Induk, Berusaha (NIB) salah satunya adalah kelegalitasan hukum usahanya. Nomer Induk Berusaha (NIB) memiliki peran penting dalam menjalankan bisnis. NIB sendiri memiliki arti nomor identitas usaha, baik perorangan, badan usaha, maupun badan hukum yang diterbitkan oleh sistem OSS. Hasil dari kegiatan ini meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai legalitas usaha, pengenalan NIB. Legalitas usaha yaitu mengacu pada status hukum suatu perusahaan atau bisnis, syarat dan cara pembuatan serta langka-langka pembuatan NIB dapat melalui OSS. Selain itu, tujuan utama kegiatan pendampingan ini adalah penerbitan sertifikat NIB bagi usaha mikro kecil (UMK).
Downloads
References
Amaia, E., Izzah, A. N., Akram, A., & Risal, N. (2023). Penyalahgunaan Pesan singkat Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. 8(1), 1–7. http://tsel.me/tsel
Arung Triantoro, D. (2019). Konflik Sosial dalam Komunitas Virtual di Kalangan Remaja. Jurnal Komunikasi, 13(2), 135–150. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol13.iss2.art2
Asiyah, S., Mahardhani, A. J., & Rosidha, L. (2022). Pelatihan Berbahasa Inggris ‘English For Business’ untuk Mahasiswa Keguruan. Batara Wisnu : Indonesian Journal of Community Services, 2(1), 195–200. https://doi.org/10.53363/bw.v2i1.139
Canavor, N. (2012). Business Writing in the Digital Age. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=uhOw8BpA3iwC
Cuiping, H., & Ya, Z. (2019). On Writing Strategies of Business Letters in Cross Border E-Commerce. 4464(8), 464–472. https://doi.org/10.36349/easjebm.2019.v02i08.013
Dahler, D. (2014). A study on the wrıtıng englısh busıness letter dıffıcultıes at the fırst year students accountıng department of smkn 1 bandar seıkıjang. Lectura : Jurnal Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.31849/lectura.v5i1.149
Darajat, A., & Kusumaningsih, C. (2023). Analisis Kesalahan Mahasiswa Menulis Surat Business Correspondence dalam Bentuk Bahasa Inggris. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5716–5724. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2564
Dewi, I. P., & Puspitaloka, N. (2020). Pelatihan Penulisan Business Letter Pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Bhinneka Karawang. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 154–157. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.8165
Dunn, R., Kim, J., Poucher, Z. A., Ellard, C., & Tamminen, K. A. (2021). A Qualitative Study of Social Media and Electronic Communication among Canadian Adolescent Female Soccer Players. Journal of Adolescent Research, 07435584211045131. https://doi.org/10.1177/07435584211045131
Hamdan, H. (2018). Industri 4.0: Pengaruh Revolusi Industri Pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(2), 1. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i2.12142
Herdiana, F., & Marsofiyati. (2019). Penerapan dan Pemanfaatan E-Office Sebagai Perwujudan Paperless Office. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 3(1), 69–74. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jikap
Ilham, I., & Putera, D. (2021). The Urgency of Beginner Traders in Society 5.0 to Understand the Meaning of Educational Contents on the @DaprosClubBasic Telegram Channel during the Pandemic Era. Proceedings of International Seminar Society 5.0 Fostering Spirituality and Humanity 3 (2a), 438–449.
Iskandar, T. P., & Wardiani, W. (2020). Penerapan Paperless Sebagai Media Komunikasi Digital. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi, 6(2), 2442–4005. http://journals.telkomuniversity.ac.id/liski93JurnalIlmiahLISKI%0Ahttps://journals.telkomuniversity.ac.id/liski
Lukiana, N., Jariah, A., Irwanto, J., & Hartono, H. (2022). Membangun motivasi dan kreatifitas berwirausaha. Progress Conference, 5(2 SE-Articles), 452–460. https://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/543
Mavor, W. F. (1988). English for Business. Pitman. https://books.google.co.id/books?id=N8WaQgAACAAJ
Mogaji, E., Soetan, T. O., & Kieu, T. A. (2020). The implications of artificial intelligence on the digital marketing of financial services to vulnerable customers. Australasian Marketing Journal, 29(3), 235–242. https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2020.05.003
Mudrikah, S., Kusmuriyanto, & Kardiyem. (2021). Upaya Menumbuhkan Budaya Paperless Melalui Pemanfaatan Ispring Quiz Maker di SMK YPPM Boja. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 89–99.
Murtiningrum, R. C. R. D., Rafli, Z., & Purbaini, A. (2020). Penerapan Metode Task-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Bisnis Bahasa Inggris. DEIKSIS, 12(02), 220. https://doi.org/10.30998/deiksis.v12i02.5026
Park, M. Y., W, T. D., & K. L., M. (1998). Korean Business Letters: Strategies for Effective Complaints in Cross-Cultural Communication. Journal of Business Communication, 35(3), 328–345. https://doi.org/10.1177/002194369803500302
Plung, D. L. (1980). Writing the Persuasive Business Letter. Journal of Business Communication, 17(3), 45–49. https://doi.org/10.1177/002194368001700305
Potočan, V., Mulej, M., & Nedelko, Z. (2020). Society 5.0: balancing of Industry 4.0, economic advancement and social problems. Kybernetes. https://doi.org/10.1108/K-12-2019-0858
Prasetya, R. E., & Syarif, A. (2023). Peningkatan Pembuatan Surat formal Bahasa Inggris dan Pengelolaan Mail Merge dalam pembuatan surat elektronik tingkat Operasional Dasar untuk Siswa-Siswi SMK Triguna 1956. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 39–46. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.902
Prasetyo, S. E., Damaraji, G. M., & Kusumawardani, S. S. (2020). A Review of The Challenges of Paperless Concept In The Society 5.0. International Journal of Industrial Engineering and Engineering Management, 2(1), 15–24. https://doi.org/10.24002/ijieem.v2i1.3755
Prayitno, S. (2021). Komunikasi Pemasaran Global Terpadu: Tantangan di Era Digital. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(1), 27–39. https://doi.org/10.35814/coverage.v12i1.2152
Salam, H. B., Nurfaedah, N., & Indraswari, R. (2022). Analısıs kesalahan berbahasa pada penulısan surat lamaran pekerjaan mahasıswa admınıstrası bısnıs polıteknık lp3ı makassar. Journal of Research and Development on Public Policy, 1(2), 46–55. https://doi.org/10.58684/jarvic.v1i2.13
Setiawan, E., Rahman, D. A., & Kristanto, R. (2020). Pelatihan Keterampilan Menulis dalam Korespondensi Berbahasa Inggris, Menerjemahkan serta Keterampilan Menggunakan Grammarly, Google Translate, dan Google Drive di Sekolah Menengah Kejuruan KSATRYA, Rawasari, Jakarta Pusat. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 118–126. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.733
Sham, M., Ali, S., & Kootbodien, A. (2017). The Effectiveness of WhatsApp as an Interpersonal Communication Medium among Abu Dhabi University Students. International Journal of Media, Journalism and Mass Communications, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.20431/2454-9479.0301002
Sirait, F. E. T. (2022). Dampak Revolusi Industri 4.0 pada Industri Teknologi Komunikasi di Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 132–139. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSH/article/view/28153
Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207
Tolstoy, D., & Hanell, S. M. (2022). Effectual market creation in the and medium-sized enterprises. International Small Business Journal: Researching Entrepreneurship, 0(0), 1–20. https://doi.org/10.1177/02662426211072999
Utomo, B. S., Murwaningsih, T., & Subarno, A. (2023). Penerapan kebijakan paperless di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Surakarta. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 7(3), 196–203. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jikap.v7i3.60667
Wibowo, A. (2022). Transformasi Ekonomi Digital (J. T. Santoso (ed.)). Yayasan Agus Teknik.
Yosepha, S. Y. (2015). Beyond of Business Correspondence. Jurnal Mitra Manajemen, 7(2), 9–16. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jmm/article/view/531
Yuniar, Y., Azizah, N., & Irma, C. N. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan Siswa Smk Al-Huda Bumiayu. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(2), 189–196. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i2.32
Zhang, J., Bai, H., Lu, J., & Zheng, L. (2023). Problematic use of social media: The influence of social environmental forces and the mediating role of copresence. Heliyon, 9(1), e12959. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e12959
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License