Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Bagi UMKM Kabupaten Tegal dan Kota Pekalongan

Authors

  • Nailus Syarifah Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Elsa Az-Zahra Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Farhan Farhan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Ihya Ulumudin Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.33084/bijaksana.v1i2.6342

Keywords:

NIB, Usaha mikro kecil

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat (PKM) bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya NIB bagi usaha mikro kecil dan memperoleh sertifikat NIB. UMKM berperan penting dalam proses pembangunan ekonomi nasional di Indonesia. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini dengan cara metode wawancara pada pelsku usaha. Nomor Induk Berusaha (NIB) sendiri, sangat berperan penting usaha para pelaku usaha. Banyak keuntungan yang didapatkan dengan memiliki Nomor Induk, Berusaha (NIB) salah satunya adalah kelegalitasan hukum usahanya. Nomer Induk Berusaha (NIB) memiliki peran penting dalam menjalankan bisnis. NIB sendiri memiliki arti nomor identitas usaha, baik perorangan, badan usaha, maupun badan hukum yang diterbitkan oleh sistem OSS. Hasil dari kegiatan ini meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai legalitas usaha, pengenalan NIB. Legalitas usaha yaitu mengacu pada status hukum suatu perusahaan atau bisnis, syarat dan cara pembuatan serta langka-langka pembuatan NIB dapat melalui OSS. Selain itu, tujuan utama kegiatan pendampingan ini adalah penerbitan sertifikat NIB bagi usaha mikro kecil (UMK).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaia, E., Izzah, A. N., Akram, A., & Risal, N. (2023). Penyalahgunaan Pesan singkat Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. 8(1), 1–7. http://tsel.me/tsel

Arung Triantoro, D. (2019). Konflik Sosial dalam Komunitas Virtual di Kalangan Remaja. Jurnal Komunikasi, 13(2), 135–150. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol13.iss2.art2

Asiyah, S., Mahardhani, A. J., & Rosidha, L. (2022). Pelatihan Berbahasa Inggris ‘English For Business’ untuk Mahasiswa Keguruan. Batara Wisnu : Indonesian Journal of Community Services, 2(1), 195–200. https://doi.org/10.53363/bw.v2i1.139

Canavor, N. (2012). Business Writing in the Digital Age. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=uhOw8BpA3iwC

Cuiping, H., & Ya, Z. (2019). On Writing Strategies of Business Letters in Cross Border E-Commerce. 4464(8), 464–472. https://doi.org/10.36349/easjebm.2019.v02i08.013

Dahler, D. (2014). A study on the wrıtıng englısh busıness letter dıffıcultıes at the fırst year students accountıng department of smkn 1 bandar seıkıjang. Lectura : Jurnal Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.31849/lectura.v5i1.149

Darajat, A., & Kusumaningsih, C. (2023). Analisis Kesalahan Mahasiswa Menulis Surat Business Correspondence dalam Bentuk Bahasa Inggris. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5716–5724. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2564

Dewi, I. P., & Puspitaloka, N. (2020). Pelatihan Penulisan Business Letter Pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Bhinneka Karawang. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 154–157. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.8165

Dunn, R., Kim, J., Poucher, Z. A., Ellard, C., & Tamminen, K. A. (2021). A Qualitative Study of Social Media and Electronic Communication among Canadian Adolescent Female Soccer Players. Journal of Adolescent Research, 07435584211045131. https://doi.org/10.1177/07435584211045131

Hamdan, H. (2018). Industri 4.0: Pengaruh Revolusi Industri Pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(2), 1. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i2.12142

Herdiana, F., & Marsofiyati. (2019). Penerapan dan Pemanfaatan E-Office Sebagai Perwujudan Paperless Office. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 3(1), 69–74. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jikap

Ilham, I., & Putera, D. (2021). The Urgency of Beginner Traders in Society 5.0 to Understand the Meaning of Educational Contents on the @DaprosClubBasic Telegram Channel during the Pandemic Era. Proceedings of International Seminar Society 5.0 Fostering Spirituality and Humanity 3 (2a), 438–449.

Iskandar, T. P., & Wardiani, W. (2020). Penerapan Paperless Sebagai Media Komunikasi Digital. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi, 6(2), 2442–4005. http://journals.telkomuniversity.ac.id/liski93JurnalIlmiahLISKI%0Ahttps://journals.telkomuniversity.ac.id/liski

Lukiana, N., Jariah, A., Irwanto, J., & Hartono, H. (2022). Membangun motivasi dan kreatifitas berwirausaha. Progress Conference, 5(2 SE-Articles), 452–460. https://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/543

Mavor, W. F. (1988). English for Business. Pitman. https://books.google.co.id/books?id=N8WaQgAACAAJ

Mogaji, E., Soetan, T. O., & Kieu, T. A. (2020). The implications of artificial intelligence on the digital marketing of financial services to vulnerable customers. Australasian Marketing Journal, 29(3), 235–242. https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2020.05.003

Mudrikah, S., Kusmuriyanto, & Kardiyem. (2021). Upaya Menumbuhkan Budaya Paperless Melalui Pemanfaatan Ispring Quiz Maker di SMK YPPM Boja. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 89–99.

Murtiningrum, R. C. R. D., Rafli, Z., & Purbaini, A. (2020). Penerapan Metode Task-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Bisnis Bahasa Inggris. DEIKSIS, 12(02), 220. https://doi.org/10.30998/deiksis.v12i02.5026

Park, M. Y., W, T. D., & K. L., M. (1998). Korean Business Letters: Strategies for Effective Complaints in Cross-Cultural Communication. Journal of Business Communication, 35(3), 328–345. https://doi.org/10.1177/002194369803500302

Plung, D. L. (1980). Writing the Persuasive Business Letter. Journal of Business Communication, 17(3), 45–49. https://doi.org/10.1177/002194368001700305

Potočan, V., Mulej, M., & Nedelko, Z. (2020). Society 5.0: balancing of Industry 4.0, economic advancement and social problems. Kybernetes. https://doi.org/10.1108/K-12-2019-0858

Prasetya, R. E., & Syarif, A. (2023). Peningkatan Pembuatan Surat formal Bahasa Inggris dan Pengelolaan Mail Merge dalam pembuatan surat elektronik tingkat Operasional Dasar untuk Siswa-Siswi SMK Triguna 1956. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 39–46. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.902

Prasetyo, S. E., Damaraji, G. M., & Kusumawardani, S. S. (2020). A Review of The Challenges of Paperless Concept In The Society 5.0. International Journal of Industrial Engineering and Engineering Management, 2(1), 15–24. https://doi.org/10.24002/ijieem.v2i1.3755

Prayitno, S. (2021). Komunikasi Pemasaran Global Terpadu: Tantangan di Era Digital. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(1), 27–39. https://doi.org/10.35814/coverage.v12i1.2152

Salam, H. B., Nurfaedah, N., & Indraswari, R. (2022). Analısıs kesalahan berbahasa pada penulısan surat lamaran pekerjaan mahasıswa admınıstrası bısnıs polıteknık lp3ı makassar. Journal of Research and Development on Public Policy, 1(2), 46–55. https://doi.org/10.58684/jarvic.v1i2.13

Setiawan, E., Rahman, D. A., & Kristanto, R. (2020). Pelatihan Keterampilan Menulis dalam Korespondensi Berbahasa Inggris, Menerjemahkan serta Keterampilan Menggunakan Grammarly, Google Translate, dan Google Drive di Sekolah Menengah Kejuruan KSATRYA, Rawasari, Jakarta Pusat. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 118–126. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.733

Sham, M., Ali, S., & Kootbodien, A. (2017). The Effectiveness of WhatsApp as an Interpersonal Communication Medium among Abu Dhabi University Students. International Journal of Media, Journalism and Mass Communications, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.20431/2454-9479.0301002

Sirait, F. E. T. (2022). Dampak Revolusi Industri 4.0 pada Industri Teknologi Komunikasi di Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 132–139. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSH/article/view/28153

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207

Tolstoy, D., & Hanell, S. M. (2022). Effectual market creation in the and medium-sized enterprises. International Small Business Journal: Researching Entrepreneurship, 0(0), 1–20. https://doi.org/10.1177/02662426211072999

Utomo, B. S., Murwaningsih, T., & Subarno, A. (2023). Penerapan kebijakan paperless di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Surakarta. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 7(3), 196–203. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jikap.v7i3.60667

Wibowo, A. (2022). Transformasi Ekonomi Digital (J. T. Santoso (ed.)). Yayasan Agus Teknik.

Yosepha, S. Y. (2015). Beyond of Business Correspondence. Jurnal Mitra Manajemen, 7(2), 9–16. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jmm/article/view/531

Yuniar, Y., Azizah, N., & Irma, C. N. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan Siswa Smk Al-Huda Bumiayu. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(2), 189–196. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i2.32

Zhang, J., Bai, H., Lu, J., & Zheng, L. (2023). Problematic use of social media: The influence of social environmental forces and the mediating role of copresence. Heliyon, 9(1), e12959. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e12959

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Syarifah, N., Az-Zahra, E., Farhan, F., & Ulumudin, I. (2024). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Bagi UMKM Kabupaten Tegal dan Kota Pekalongan. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 41–44. https://doi.org/10.33084/bijaksana.v1i2.6342