Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Sidorejo Melalui Pendekatan Saintifik Pada Materi Pokok Menulis Peristiwa Menggunakan Aspek 5W+1H

Improvement Of Student Learning Outcomes In Grade VI SD Negeri Sidorejo Through Science Approach To Study Materials Writing Using Aspect 5W + 1H

Authors

  • Daud Dahlia

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v4i2.1049

Keywords:

Pendekatan Saintifik Pada Materi Pokok Menulis Peristiwa Menggunakan Aspek 5W 1H, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran khususnya materi pokok menulis peristiwa menggunakan aspek 5W+1H melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Sidorejo. (2) untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pada materi pokok menulis peristiwa menggunakan aspek 5W+1H melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Sidorejo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharuddin. 2004. Psikologi Pendidikan: Refleksi Teoritis Terhadap Fenomena. Jogjakarta: Ar-ruzz Media
Budiningsih, Asr. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual. Ghalia Indonesia : Jakarta
http://paa21ipabdg.blogspot.co.id/2013/10/cara-meningkatkan-sikap-dan-minat_15.html
http://repository.upi.edu/3448/4/S_JKR_0807702_Chapter1.pdf
http://tugas-tugas-fitri.blogspot.co.id/2012/05/makalah-bahasa-indonesia-kata-pengantar.html?m=1
http://www.duniapelajar.com/2014/01/03/cara-meningkatkan-minat-belajar-siswa/
https://www.google.co.id/Diakses pada2 Oktober 2014.
Johnson, LouAnne. 2008. Pengajaran yang Kreatif dan Menarik. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang
Nasution S., 2004. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Natawidjaja, R. 1987. Pendekatan-pendekatan dalam Penyuluhan Kelompok I. Bandung: CV. Diponegoro
Nazir, M. 1983. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Pendidikan.
Painun, Noor Suparyanti, dkk. 1992. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Kencana Predana Media Group
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Aalgesindo.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sumadi, S. 1988. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali

Downloads

Published

2019-09-10

How to Cite

Dahlia, D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Sidorejo Melalui Pendekatan Saintifik Pada Materi Pokok Menulis Peristiwa Menggunakan Aspek 5W+1H: Improvement Of Student Learning Outcomes In Grade VI SD Negeri Sidorejo Through Science Approach To Study Materials Writing Using Aspect 5W + 1H. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 1–7. https://doi.org/10.33084/bitnet.v4i2.1049